Manajemen Kelas

A. Pengertian Manajemen Kelas
Manajemen kelas adalah keterampilan guru sebagai leader sekaligus manajer dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk meraih keberhasilan kegiatan belajar mengajar . Karakteristik kondisi kelas yang mendukung belajar mengajar , yaitu kelas memiliki sifat merangsang dan menentang untuk selalu belajar , memberikan rasa aman , dan memberikan kepuasan terhadap peserta didik setelah melaksanakan kegiatan belajar dikelas . Usaha efektif yang harus di lakukan oleh seorang guru sebagai berikut : 
a. Guru mengetahui secara tepat faktor - faktor yang dapat menunjang terciptanya kondisi yang menguntungkan dalam kegiatan belajar mengajar .
b. Guru mengenal masalah - masalah yang di perkirakan muncul dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat merusak suasana belajar di kelas .
c. Guru menguasai berbagai pendekatan di dalam manajemen kelas dan mengetahui kapan dan masalah apa untuk suatu pendekatan di gunakan.
Sasaran manajemen kelas :
1. Pengelolaan ruang kelas
Meliputi pengadaan dan pengaturan ventilasi , tempat duduk peserta didik , alat - alat peraga pembelajaran.
2. Pengelolaan peserta didik
Berkaitan dengan pemberian stimulus dalam membangkitkan dan mempertahankan kondisi motivasi peserta didik untuk secara sadar berperan aktif dan terlibat dalam kegiatan belajar.
B. Fungsi dan Tujuan Manajemen Kelas
Manajemen kelas selain makna penting bagi terciptanya dan terpelihara nya kondisi kelas yang optimal , manajemen kelas berfungsi : 
a. Memberikan dan melengkapi fasilitas untuk segala macam tugas , misalnya membantu kelompok dalam pembagian tugas , membantu membentuk kelompok , membantu kerjasama dalam menemukan tujuan organisasi , membantu individu agar dapat bekerjasama dengan kelompok kelas , membantu prosedur kerja dan mengubah kondisi kelas .
b. Memelihara agar tugas itu dapat berjalan lancar .
Tujuan manajemen kelas :
a. Mewujudkan situasi dan kondisi kelas , sebagai lingkungan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan mereka semaksimal mungkin.
b. Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.
c. Menyediakan dan mengatur fasilitas serta media pembelajaran yang mendukung dan memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan lingkungan sosial , emosional dan intelektual mereka dalam kelas.
d. Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial , ekonomi , budaya , dan sifat individu nya .
C. Ruang Lingkup Manajemen Kelas
a. Manajemen kurikulum
b. Manajemen peserta didik
c. Kegiatan akademik
d. Kegiatan administrasif
D. Prinsip - prinsip manajemen kelas
a. Hangat dan antusias
Sikap penuh kegembiraan dan penuh kasih sayang kepada peserta didik serta sikap bersemangat dalam kegiatan mengajar.
b. Tantangan
1. Memberikan evaluasi sederhana secara berkala setiap Minggu
2. Mengaitkan materi pembelajaran dengan berbagai fakta di lapangan
3. Mengajarkan keterampilan hidup dalam kegiatan belajar kepada peserta didik
b. Bervariasi
1. Menarik dan meningkatkan perhatian peserta didik terhadap materi pembelajaran
2. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat terhadap mata pelajaran yang di ajarkan
3. Menanamkan perilaku yang positif pada peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya terhadap mata pelajaran yang di ajarkan
4. Belajar sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuannya
d. Keluwesan
Perilaku seorang guru untuk mengubah metode belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi kelas untuk mencegah munculnya gangguan belajar
e. Penekanan pada hal yang positif
Seorang guru terhadap perilaku peserta didik yang positif
f. Penanaman disiplin diri
Mendidik peserta didik untuk berprilaku baik , mendidik anak peserta didik untuk menjauhi perilaku buruk.