karakteristik peserta didik

Karakteristik Peserta Didik
Karateristik merupakan suatu gaya hidup seseorang maupun nilai yang berkembang secara teratur setiap hari yang mengacu kepada tingkah laku yang mengarah pada kepribadian yang lebih konsisten dan mudah di pahami . Peserta didik merupakan orang yang mendapatkan pengaruh dari berbagai kelompok yang sedang melaksanakan pendidikan . Jadi karakteristik peserta didik sebagai aspek atau kualitas seorang peserta didik . Berbagai aspek yang ada dalam diri peserta didik dapat di kaitkan dengan penataan pembelajaran . Dan karateristik peserta didik juga dapat memengaruhi pelaksanaan pembelajaran hasil belajar peserta didik.
Dalam perkembangannya peserta didik juga memiliki suatu hambatan dalam proses pembelajaran , sehingga banyak faktor yang memengaruhi karakteristik peserta didik antara lain :
1. Dalam diri individu sendiri : sejak berada dalam kandungan , janin tumbuh dan berkembang sesuai dengan proses tahapannya . Jadi akan terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi sebagai berikut : 
a. Bakat : setiap bakat yang di miliki oleh peserta didik dapat tumbuh dengan sendirinya dan tergantung pada peserta didik tersebut mau atau tidak dalam mengembangkan potensi bakat yang dimiliki.
b. Sifat keturunan : berdasarkan fakta yang di miliki manusia maka besar kemungkinan bagi peserta didik untuk memiliki sifat yang berdasarkan garis keturunan yang dimiliki oleh orang tua mereka.
c. Dorongan dan instik : yang dimiliki oleh peserta didik berasal dari batin mereka masing-masing . Sehingga dorongan disini merupakan ambisi dari peserta didik untuk terus maju dalam meningkatkan proses pembelajaran .
2. Luar dari individu
Berdasarkan keadaan lingkungan tempat tinggalnya yang dapat mempengaruhinya antara lain :
a. Makanan : makanan dan minuman dapat mempengaruhi dan menghambat perkembangan peserta didik karena setiap makanan dan minuman yang di konsumsi dapat menjadi gizi dan racun bagi kesehatan tubuh manusia.
b. Iklim : suatu negara juga dapat mempengaruhi karakteristik peserta didik . Karena bila iklim di sekitar mereka baik dan tidak buruk maka sedikit kemungkinan untuk menghambat perkembangan karakteristik peserta didik.
c. Ekonomi : yang di miliki peserta didik juga mampu menghambat perkembangan karakteristik peserta didik karena semangkin tinggi ataupun semangkin rendah suatu ekonomi maka akan semangkin besar pengaruh nya terhadap karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik.
3. Umum
4. Intelegensi
Kemampuan intelegensi atau intelektual yang dimiliki oleh peserta didik dapat mempengaruhi ke dalam proses pembelajaran peserta didik.
a. Jenis kelamin : jenis kelamin juga bisa di sebut penghambat karakteristik peserta didik karena setiap laki laki dan perempuan memiliki perbedaan yang signifikan untuk di ketahui oleh peserta didik.

Jadi saya tarik kesimpulan bahwa karakteristik peserta didik yang di sebut karakter individu ini dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu usia, latarbelakang dan keturunan atau gender . Kemampuan peserta didik yang di jadikan kemampuan awal atau tonggak ini berperan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran. Hal ini menyebabkan perubahan besar yang membantu memudahkan proses internal yang terjadi pada peserta didik pada saat mereka melakukan kegiatan belajar.